7 Kecelakaan Laut TERBURUK dalam SEJARAH DUNIA !!

03/02/12

Share on :

(Berikut ini daftar 7 Kecelakaan laut terburuk di dunia diurutkan dari jumlah korban terkecil sampai terbesar :

7. MS Estonia


Jumlah korban : 852 org


MS Estonia sebelumnya bernama MS Viking Sally (–1990), MS Silja Star (–1991), dan MS Wasa King (–1993) adalah kapal ferry buatan Jerman tahun 1979. Musibah MS Estonia terjadi pada tanggal 28 September 1994 saat berlayar menyeberangi Laut Baltik dalam perjalanannya dari Tallinn-Estonia menuju Stockholm-Swedia. Saat itu kapal membawa 989 penumpang dan awak kapal.


Pada pukul 01:00 tanda-tanda akan terjadinya musibah berawal dari bunyi-bunyi aneh akibat benturan logam dengan logam namun dari pemeriksaan pada “bow visor” (bagian ujung kapal yg bisa dibuka-tutup untuk masuknya barang atau kendaran ke dalam kapal) tidak terlihat adanya kerusakan. Pada pukul 01:15 bow visor diketahui terlepas dari ujung kapal sehingga membuat badan MS Estonia miring ke kanan. Pukul 01:20 terdengar sebuah suara lemah dari seorang wanita “Häire, häire, laeval on häire” bahasa Estonia dari “Alarm, alarm, alarm berbunyi di dalam kapal” melalui saluran pengeras suara. Beberapa saat kemudian baru terdengar tanda bahaya berbunyi dan prosedur menurunkan sekoci penyelamat mulai dilakukan. Sayangnya saat itu kapal sudah miring sekitar 30° - 40° ke kanan mengakibatkan hampir tidak mungkin bisa berjalan dengan aman di dalam tubuh kapal.


Pintu dan aula berubah menjadi jebakan maut. Mereka yg berhasil selamat adalah orang-orang yg saat itu sudah berada diatas geladak kapal. Pesan “Mayday” dikirimkan awak kapal pada pukul 01:22, tapi pesan tersebut ternyata tidak sesuai dengan standard internasional. Karena kehabisan tenaga posisi kapal menjadi sulit diketahui dan memperlambat upaya penyelamatan. Dari total 989 penumpang dan awak kapal hanya 137 org yg bisa diselamatkan


6. RMS Empress of Ireland


Jumlah korban : 1.012 org


RMS Empress of Ireland adalah kapal penumpang lintas samudra yg dibuat pada tahun 1905-1906. Pada tanggal 28 Mei 1914 kapal ini berangkat dari Quebec-Kanada menuju Liverpool-Inggris mengangkut 1.477 penumpang dan awak kapal. Henry George Kendall adalah kapten kapal yg baru dipromosikan pada awal bulan dan saat itu pertama kali dia memimpin kapal melalui terusan dekat Pointe-au-Père - Quebec ditengah hadangan kabut tebal. Pada pukul 02:00 sebuah kapal Norwegia “Storstad” menabrak samping kapal. Storstad sendiri tidak tenggelam namun Empress of Ireland dengan kerusakan sangat parah pada bagian kanan lambung langsung dipenuhi air, terbalik dan tenggelam hanya dalam waktu 14 menit beserta 1.012 penumpang dan awaknya.


5. RMS Titanic





ES YANG DI TABRAK OLEH KAPAL TITANIC





Jumlah korban : 1.517 org


RMS Titanic adalah sebuah kapal penumpang kelas berat yg dimiliki perusahaan pelayaran White Star Line. Pada tanggal 14 April 1912 dalam pelayaran perdananya , Titanic menabrak sebuah iceberg (gunung es) dan tenggelam 2 jam 40 menit kemudian. Pada saat pertama kali diluncurkan Titanic menjadi kapal uap penumpang terbesar di dunia. Titanic dibangun dengan teknologi paling baru pada masa itu dan diiklankan sebagai kapal yg “tidak akan bisa tenggelam” dalam brosur-brosur promosinya. Tragedi Titanic sangat mengguncang dunia karena disamping kapal yg “canggih” kru kapal jg terdiri dari orang-orang yg sangat berpengalaman, namun korban yg tewas masih sangat besar. Tragedi ini kemudian merubah hukum-hukum maritim di dunia dan penemuan bangkai kapal pada tahun 1985 semakin membuat musibah Titanic menjadi legenda sampai saat ini.


4. Sultana





Jumlah korban : 1.800 org


Kapal uap Sultana adalah kapal penumpang yg melayari sungai Mississippi, hancur dalam sebuah ledakan pada tanggal 27 April 1865. Peristiwa ini tercatat sebagai tragedi terburuk dalam dunia maritim di Amerika Serikat. Diperkirakan 1.800 dari 2.400 penumpang kapal terbunuh saat salah satu dari empat boiler (tungku pemanas) meledak, Sultana tenggelam tidak jauh dari Memphis – Tennessee. Sebagian besar penumpang adalah bekas tahanan dari pasukan Konfederasi yang dikirim kembali ke rumah mereka. Ledakan akibat kebocoran dan kurangnya perawatan dari tungku pemanas menyebabkan hancurnya separuh badan kapal dan batu bara panas yg beterbangan membakar habis sisa badan kapal.


3. MV Joola





Jumlah korban : 1.863 org


MV Le Joola adalah kapal ferry penumpang milik pemerintah Senegal yg tenggelam di dekat pantai wilayah Gambia pada tanggal 26 September 2002. Sebenarnya kapal ini berkapasitas 580 org tapi pada saat itu diperkirakan hampir 2000 orang yg berada diatas kapal.


Panggilan radio terakhir dari kru kapal pada pukul 10:00 malam mengabarkan bahwa kondisi pelayaran berlangsung dengan baik. Seperti dalam film Titanic, para penumpang sedang asyik berpesta dan berdansa ditengah alunan grup band kapal. Sekitar pukul 11:00 malam kapal mulai memasuki wilayah badai di laut Gambia dan ditengah ombak besar dan angin kencang kapal tenggelam dengan cepat memuntahkan para penumpang dan muatannya ke tengah lautan.


Laporan saksi mata menyebutkan bahwa kejadian ini hanya berlangsung selama 5 menit dan hanya satu sekoci penyelamat yg berhasil diturunkan dengan cuma 25 org penumpang selamat didalamnya.


2. Halifax Explosion





FOTO LEDAKAN KAPAL Halifax Explosion





KOTA YANG HANCUR LEBUR AKIBAT LEDAKAN KAPAL Halifax Explosion, JARAK KOTA DENGAN LEDAKAN SEKITAR 50 METER





Jumlah korban : 1.950 org


Ledakan Halifax terjadi pada hari Kamis, 6 Desember 1917 saat kota Halifax, Nova Scotia-Kanada hancur lebur akibat ledakan dahsyat dari sebuah kapal kargo Prancis “Mont-Blanc” yang membawa muatan penuh berisi mesiu dan bahan peledak untuk militer. Kapal ini tertabrak kapal Norwegia “The Narrows” di salah satu bagian pelabuhan Halifax.


Ledakan membunuh hampir 2000 org diakibatkan serpihan, api dan runtuhnya bangunan-bangunan di dalam radius 2 km dari lokasi kejadian. Diperkirakan sekitar 9.000 org terluka akibat peristiwa ini. Sampai sekarang ledakan tersebut masih memegang rekor sebagai ledakan konvensional terbesar yg dihasilkan oleh manusia. Saking hebatnya efek ledakan tersebut sampai menimbulkan tsunami yg kemudian menyapu pepohonan, membengkokkan rel kereta api, menghanyutkan rumah, mobil dan membawa serpihan-serpihan Mont-Blanc berkilo-kilometer jauhnya. Gambar diatas adalah situasi setelah terjadinya ledakan.


1. MV Doña Paz





FOTO KAPAL MV Doña Paz TERJUNGKIR SETELAH TABRAKAN DENGAN KAPAL VECTOR


Jumlah korban : 4.375 org


Doña Paz adalah kapal ferry penumpang yg tenggelam setelah bertabrakan dengan kapal tangker “Vector” pada tanggal 20 Desember 1987. Saat itu kapal sedang melakukan perjalanan dari kepulauan Samar – Filipina. Ketika berada di selat Tablas diantara pulau Mindoro dan Tablas kapal bertabrakan dengan kapal tangker “Vector” yg sedang membawa 8.800 barel minyak. Muatan dari kapal tangker itu langsung terbakar dan menyambar Doña Paz. Saking ganasnya api Doña Paz tenggelam hanya beberapa menit kemudian.


Meskipun pernyataan resmi dari pihak berwenang jumlah penumpang adalah 1.568 org (meski kapasitas maksimum kapal hanya 1.518 org) tapi dari berbagai kesaksian korban selamat saat itu kapal benar-benar kelebihan muatan dan akhirnya diketahui jumlah korban tewas adalah 4.375 org. 21 org korban selamat karena bisa berenang menjauhi kapal dan tidak ada waktu untuk menurunkan sekoci penyelamat. Penyelidikan lebih lanjut mengungkapkan bahwa kru kapal tidak bisa memenuhi standar keamanan dan ijin pengoperasian kapal ternyata s


English Version:
(The following is a list of seven of the world's worst marine accident are sorted from smallest to largest number of victims: 
7. MS EstoniaNumber of victims: 852 orgFormerly the MS Estonia MS Viking Sally (-1990) MS Silja Star (-1991) and MS Wasa King (-1993) is the ferry made in Germany in 1979. MS Estonia disaster occurred on 28 September 1994 while sailing across the Baltic Sea on its way from Tallinn, Estonia to Stockholm, Sweden.When the ship carrying 989 passengers and crew.In 0100 the signs of impending catastrophe begins with strange noises from the impact of metal to metal, but from examination of the "bow visor" (the end of the ship can be opened and closed for entry of goods into a vessel or vehicle) is not visible the damage. At 01:15 o'clock bow visor is known apart from the tip of the ship so as to make the MS Estonia body tilted to the right. At 01:20 there was a weak voice of a woman "Häire, häire, laeval on häire" Estonian language from the "Alarm, alarm, the alarm sounds in the ship" through the channel loudspeakers. Moments later a new sound alarm sounded and procedures started lowering lifeboats. Unfortunately at that time the ship was tilted about 30 ° - 40 ° to the right cause is almost impossible to walk safely in the body of the ship.The door and the hall turned into a death trap. Those who survived were the ones who it was above the deck. The message "Mayday" crew sent at 01:22, but the message was not in accordance with international standards. Exhaustion becomes difficult to know the ship's position and slowing rescue efforts. Of the total 989 passengers and crew were only 137 who could be saved org 
6. RMS Empress of IrelandNumber of victims: 1012 orgRMS Empress of Ireland is a transatlantic passenger ship who was made in 1905-1906. On May 28, 1914 the ship departed from Liverpool to Quebec-Canada-UK carry 1477 passengers and crew. Henry George Kendall is a newly promoted captain who at the beginning of the month and it was the first time he led the ship through the canal near Pointe-au-Père - Quebec obstacles amid thick fog. At 2:00 a Norwegian ship "Storstad" hit the side of the ship. Storstad itself did not sink but the Empress of Ireland with very severe damage on the right side of the hull immediately filled with water, upside down and sank in just 14 minutes along with 1012 passengers and crew. 
5. RMS TitanicES hit-BY SHIP IN THE TITANICNumber of victims: 1517 orgRMS Titanic was a passenger ship heavyweight who owned a shipping company White Star Line. On 14 April 1912 in its maiden voyage, Titanic struck an iceberg (iceberg) and sank two hours and 40 minutes later. At first launched the Titanic became the largest passenger steamship in the world. Titanic was built with the most recent technology in those days and advertised as the ship "will not be drowned" in its promotional brochures. Titanic tragedy so shocked the world because besides the ship "sophisticated" jg boat crew consists of people who are very experienced, but the victims who were killed are still very large. The tragedy was later changed maritime laws in the world and the discovery of the wreck in 1985 are increasingly making the Titanic disaster became a legend to this day. 
4. SultanaNumber of victims: 1,800 orgSultana was a steamboat passenger vessels who sailed the Mississippi River, was destroyed in an explosion on April 27, 1865.This event is recorded as the world's worst maritime tragedy in the United States. An estimated 1800 of the 2,400 passengers were killed when one of the four boilers (heating furnace) exploded, Sultana sank not far from Memphis - Tennessee. Most of the passengers were former prisoners of the Confederate troops who were sent back to their homes. Explosion due to leakage and lack of maintenance of the furnace heating causes the destruction of half hull and coal fly searing burn down the rest of the hull. 
3. MV JoolaNumber of victims: 1863 orgMV Le Joola ferry passengers are owned by the government in Senegal who drowned off the coast of Gambia on September 26, 2002. Actually, this vessel with a capacity of 580 org but at that time estimated at nearly 2000 people who were on board.Last radio call from the crew at 10:00 evening news that take place with good sailing conditions. As in the movie Titanic, the passengers were busy partying and dancing amid the strains of the band board.At around 11:00 pm the ship began to enter the territory of The Gambia and storms at sea amid huge waves and strong winds quickly sinking ship passengers and cargo spewed into the ocean.Eyewitness accounts mention that this incident only lasted for 5 minutes and the only one who successfully lowered lifeboats with only 25 passengers survived org therein. 
2. Halifax ExplosionSHIP EXPLOSION PHOTO Halifax ExplosionTHE CITY AS A RESULT OF EXPLOSION VESSEL devastated Halifax Explosion, DISTANCE TO THE TOWN BLASTING AROUND 50 METERSNumber of victims: 1,950 orgHalifax Explosion occurred on Thursday, December 6, 1917 when the city of Halifax, Nova Scotia-Canada was devastated due to the explosion of a French cargo ship "Mont-Blanc" which carries a charge full of gunpowder and explosives for the military. The ship was hit by a Norwegian ship "The Narrows" in one part of the port of Halifax.The blast killed almost 2000 org resulting debris, fire and collapse of buildings within a radius of 2 km from the scene. It is estimated that about 9,000 were wounded by these events org. Up to now the blast still holds the record as the largest conventional explosion produced by a human reply. The explosion was so great effect to cause a tsunami and who were swept trees, bent the rail, away houses, cars and carrying flakes Mont-Blanc miles away. Pictured above is the situation after the explosion. 
1. MV Doña PazSHIP PHOTO MV Doña Paz keel AFTER SHIP WITH VECTOR CollisionsNumber of victims: 4375 orgDoña Paz was a ferry passenger who sank after colliding with a ship tangker "Vector" on December 20, 1987. At that time the ship was traveling from the island of Samar - Philippines. When I was in the Tablas Strait between the island of Mindoro and Tablas ship collided with the ship tangker "Vector" which was carrying 8800 barrels of oil.Charge of the ship was immediately burned tangker and grabbed Doña Paz. So ferociously fire Doña Paz sank just a few minutes later.Although the official statement from the authorities the number of passengers is 1568 org (although the maximum capacity of the ship only 1518 org) but from the various testimonies of survivors when the ship was completely overloaded and it was found that the death toll is 4375 org. Org 21 survivors because it can swim away from the ship and no time to lower the lifeboats. Further investigation revealed that the crew could not meet safety standards and permits the operation of the ship was already exhausted. Doña Paz disaster to date into the worst marine accident in history.

sumber : http://riohytech.blogspot.com/2011/11/7-kecelakaan-laut-terburuk-di-dunia.html
Terima Kasih Atas Kunjungan Sahabat semua . Semoga Informasi yang Kami sajikan dapat menambah Wawasan sahabat semua dan semoga sahabat bisa berbagi informasi dan situs kami ke teman-teman sahabat semua . Mohon dukungannya dari sahabat semua dengan mengKlik tombol LIKE di bawah ini , karena dukungan dari sahabat semua kami akan terus meng-Update informasi - informasi untuk sahabat semua ..

0 Kicauan:

Posting Komentar

Berikan Komentar ya !! karna komentar anda sangat kami butuhkan demi kemajuan blog kami ..

kritik dan saran juga boleh ;)

 
© Copyright 2010-2011 Secret Information All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.